PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL

Maharani, Annisa Luthfi (2021) PENGEMBANGAN HANDOUT MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Metro.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR LITERATUR.pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL: http://eprints.ummetro.ac.id/

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan handout matematika berbasis android dengan model contextual teaching and learning pada materi aritmatika sosial. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D). Model yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Handout berbasis android ini dilengkapi dengan model contextual teaching and learning dengan 7 kompnen utama yaitu kontruktivisme, bertanya, menemukan, memodelkan, masyarakat belajar, menyimpulkan dan penilaian autentik sehingga memudahkan siswa dalam belajar karena mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Hal tersebut tentunya disesuaikan dengan masalah yang ada yaitu tidak maksimalnya penggunaan buku cetak dalam pembelajaran daring sehingga dikembangkan handout matematika berbasis android yang mudah dibawa dan digunakan. Penelitian ini dilakukan hanya sampai pada tahap valid dan praktis dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket validasi produk oleh ahli dan angket kepraktisan oleh peserta didik. Tingkat kevalidan produk ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi dan ahli media. Hasil persentase penilaian validasi ahli materi adalah sebesar 81% serta hasil persentase penilaian ahli media adalah sebesar 85% dan kedua hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat layak. Tingkat kepraktisan produk ini diperoleh dari hasil angket respon siswa oleh 10 reponden kelas VII SMP Negeri 6 Terbanggi Besar dengan rata-rata persentase sebesar 91% dan termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan sangat valid dan praktis untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Additional Information: 003/Pend. Matematika/2022
Uncontrolled Keywords: Aritmatika sosial; contextual teaching and learning; handout berbasis android; pengembangan
Subjects: 500 Ilmu Murni > Matematika
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Lina Septriani S
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:34
Last Modified: 28 Jan 2022 02:10
URI: http://eprints.ummetro.ac.id/id/eprint/1008

Actions (login required)

View Item View Item